MARINews, Bantul – Konsistensi, komitmen, dan kerja keras kembali mengantarkan Pengadilan Agama (PA) Bantul meraih prestasi gemilang pada Triwulan III Tahun 2025.
Dalam ajang penilaian kinerja satuan kerja yang diselenggarakan oleh Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Yogyakarta, PA Bantul tampil sebagai Juara Umum, dengan perolehan terbanyak dari seluruh kategori penilaian.
Dari total 16 kategori kinerja, PA Bantul sukses mencatatkan nama dalam 11 kategori penilaian, bahkan berhasil memperoleh Juara I dalam 8 kategori penilaian.
Prestasi tersebut merupakan capaian luar biasa yang menegaskan kualitas kinerja serta komitmen pelayanan PA Bantul. Prestasi ini secara konsisten telah dipertahankan sejak tahun 2023 hingga saat ini. PA Bantul selalu memberikan kinerja terbaik di wilayah PTA Yogyakarta.
Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Ketua PTA Yogyakarta, Drs. Ahmad Hanifah, SH., MH., pada Kamis, (27/11), dalam sebuah acara di Hotel Arjuna Yogyakarta.
PA Bantul sendiri diwakili oleh Panitera, Titik Handriyani, SH., MSI., MH., dan Sekretaris, Fajar Widodo, SHI., MHP, yang hadir untuk menerima penghargaan tersebut mewakili keluarga besar PA Bantul.
Para pegawai dari PTA Yogyakarta, PA Yogyakarta, PA Sleman, PA Bantul, PA Wonosari dan PA Wates yang tidak hadir di lokasi, mengikuti rangkaian acara secara daring dari kantor masing-masing sebagai bentuk dukungan atas pencapaian ini.
Dalam sambutannya, Ketua PTA Yogyakarta menyampaikan apresiasi mendalam atas terselenggaranya agenda penghargaan triwulanan ini.
Ia berharap pemberian penghargaan ini dapat menjadi alat motivasi bagi seluruh satuan kerja untuk terus berlomba meningkatkan mutu pelayanan.
“Saya berharap penghargaan ini menjadi pemicu dan pemacu seluruh satker untuk berkompetisi secara sehat dalam meningkatkan kinerja, yang pada akhirnya bermuara pada pelayanan berkualitas dan memuaskan bagi masyarakat pencari keadilan di wilayah hukum PTA Yogyakarta,” ujar Ketua PTA Yogyakarta.
Prestasi yang diraih PA Bantul bukan semata angka atau posisi dalam tabel penilaian.
Lebih dari itu, capaian ini merupakan wujud konkret dari kerja kolektif yang terukur, terarah, dan konsisten dalam memperkuat tata kelola, meningkatkan mutu pelayanan, serta menjamin seluruh proses berjalan sesuai standar yang ditetapkan.
Dari 16 kategori yang diikuti, PA Bantul berhasil memperoleh Juara I di 8 kategori penilaian, di antaranya:
- Ketepatan Waktu Pengiriman dan Kelengkapan Berkas Perkara Banding Triwulan III Tahun 2025 – Terbaik
- Keberhasilan Mediasi Triwulan III Tahun 2025 – Terbaik Pertama
- Ketaatan Validasi Harian Perkara Triwulan III Tahun 2025 – Terbaik Pertama
- Ketaatan Validasi Harian Keuangan Triwulan III Tahun 2025 – Terbaik Pertama
- Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Triwulan III Tahun 2025 – Terbaik Pertama
- Indeks Pelayanan Publik (IPP) Triwulan III Tahun 2025 – Terbaik Pertama
- Kualitas Perencanaan Anggaran DIPA 04 Triwulan III Tahun 2025 – Terbaik Pertama
- Kualitas Pelaksanaan Anggaran DIPA 04 Triwulan III Tahun 2025 – Terbaik Pertama
Selain itu, PA Bantul juga mencatatkan posisi terbaik ketiga pada beberapa kategori penting lainnya, sehingga secara keseluruhan terdapat 11 kategori yang mencantumkan nama PA Bantul dengan capaian 8 Juara I dan 3 Juara III.
Pencapaian ini mengukuhkan PA Bantul sebagai satuan kerja dengan peningkatan kinerja paling signifikan pada periode ini.
Ketua PA Bantul, Septianah, SHI.,MH, turut memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih tersebut.
Ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran pegawai yang telah bekerja dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab.
“Terima kasih kepada seluruh jajaran PA Bantul. Prestasi ini adalah hasil kerja kolektif kita semua. Semoga capaian ini terus dipertahankan dan ditingkatkan sebagai pemicu semangat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujar Ketua PA Bantul.
Dengan diraihnya predikat Juara Umum ini, PA Bantul kembali mempertegas komitmennya dalam mewujudkan layanan peradilan yang profesional, transparan, dan berintegritas.
Prestasi ini bukan hanya menjadi kebanggaan, tetapi juga energi baru untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat pencari keadilan.
