Refleksi Satu Tahun Transformasi, PN Purwokerto Perkuat Komitmen Layanan Prima

Selain melakukan evaluasi, dibahas juga rencana strategis Pengadilan Negeri Purwokerto untuk tahun 2026.
Foto Kegiatan Refleksi Satu Tahun Transformasi PN Purwokerto | Foto : Dokumentasi Humas PN Purwokerto
Foto Kegiatan Refleksi Satu Tahun Transformasi PN Purwokerto | Foto : Dokumentasi Humas PN Purwokerto

Purwokerto, — Pengadilan Negeri Purwokerto menyelenggarakan kegiatan refleksi satu tahun transformasi. Kegiatan tersebut, sebagai momentum evaluasi, penguatan komitmen, serta penyusunan langkah strategis guna keberlanjutan peningkatan layanan publik di tahun mendatang.

Acara yang berlangsung di Ruang Command Center Pengadilan Negeri Purwokerto, Kamis (4/12/2025), dihadiri Ketua, jajaran pimpinan, para Hakim, pejabat struktural, fungsional, seluruh aparatur Pengadilan Negeri Purwokerto, serta tamu undangan dari unsur stakeholder terkait dan perwakilan media massa, baik media cetak maupun elektronik.

Evaluasi Capaian dan Perubahan Layanan Publik

Ketua Pengadilan Negeri Purwokerto, Eddy Daulatta Sembiring, S.H., M.H. dalam sambutannya menyampaikan, selama satu tahun terakhir Pengadilan Negeri Purwokerto telah melakukan berbagai bentuk transformasi, baik dalam tata kelola kelembagaan, pelayanan publik, pemanfaatan teknologi informasi, maupun peningkatan standar profesionalitas aparatur.

Beberapa capaian yang menjadi sorotan dalam refleksi ini antara lain:

• Optimalisasi ruang pelayanan publik dan ruang tunggu persidangan bagi masyarakat pengguna layanan dan pencari keadilan di Pengadilan Negeri Purwokerto

• Penguatan digitalisasi administrasi persidangan

• Peningkatan akses pelayanan masyarakat berbasis teknologi

• Penerapan budaya kerja profesional, responsif, dan berintegritas

Mantan Ketua Pengadilan Negeri Cikarang tersebut, menambahkan kegiatan refleksi ini, bagian dari komitmen berkelanjutan untuk memberikan pelayanan yang cepat, tepat, transparan, dan akuntabel kepada masyarakat.

“Transformasi bukan hanya perubahan sistem, tetapi perubahan pola pikir, budaya kerja, dan orientasi pelayanan kepada masyarakat. Pengadilan Negeri Purwokerto harus menjadi lembaga yang mampu menghadirkan rasa keadilan, bukan hanya melaksanakan proses peradilan,” ujarnya.

Penguatan Komitmen Tahun 2026

Selain melakukan evaluasi, dibahas juga rencana strategis Pengadilan Negeri Purwokerto untuk tahun 2026, antara lain meliputi:

• Peningkatan kualitas SDM melalui pelatihan berkelanjutan

• Pengembangan inovasi layanan berbasis teknologi

• Peningkatan kualitas sarana dan prasarana ramah disabilitas

• Penguatan zona integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)

Melalui refleksi dimaksud, diharapkan seluruh aparatur Pengadilan Negeri Purwokerto dapat mempertahankan semangat perubahan dan memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kualitas pelayanan peradilan.

Apresiasi dan Dukungan Stakeholder

Para tamu undangan memberikan apresiasi kepada Pengadilan Negeri Purwokerto atas berbagai perubahan dan peningkatan kualitas pelayanan publik selama satu tahun terakhir.

Apresiasi tersebut disampaikan oleh perwakilan Kejaksaan Negeri Purwokerto, Kepolisian Resor Banyumas, Lembaga Pemasyarakatan Purwokerto, SLB B Yakut Purwokerto, serta perwakilan Advokat.

Para pihak menilai bahwa transformasi yang dilakukan telah membawa dampak positif dan peningkatan kenyamanan bagi masyarakat pengguna layanan maupun pencari keadilan.

Penutup: Sesi Diskusi dan Tanya Jawab

Kegiatan ini ditutup dengan sesi diskusi dan tanya jawab bersama tamu undangan, termasuk stakeholder dan insan media.

Pada sesi dimaksud, peserta diberikan kesempatan untuk menyampaikan saran, masukan, maupun pandangan terkait pelaksanaan transformasi layanan selama satu tahun terakhir.

Diskusi berlangsung aktif, terbuka, dan konstruktif, sekaligus menjadi forum untuk memperkuat kolaborasi antar lembaga dan media dalam mendukung transparansi, serta peningkatan kualitas layanan publik di Pengadilan Negeri Purwokerto.

Penulis: Tim MariNews
Editor: Tim MariNews